Transpostasi Yang Tepat Untuk Berwisata Ke Indonesia


Indonesia, dengan pesona alam, budaya, dan sejarahnya yang tak terhitung dan beragam, telah menjadi magnet wisata selama beberapa dekade. Merencanakan perjalanan Anda di sekitar kepulauan besar ini dapat membuat atau menghancurkan pengalaman perjalanan Anda secara keseluruhan. Dari penerbangan ke angkot lokal, temukan cara menavigasi angkutan umum di Indonesia.
Penerbangan domestik
Kepulauan yang luas dengan lima pulau utama dan 17.000 pulau kecil lainnya, sering kali cara paling efektif dan efisien waktu untuk melakukan perjalanan di dalam negeri adalah melalui penerbangan domestik. Sebagian besar kota besar seperti Bali, Lombok, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan banyak lagi, memiliki bandara internasional sendiri sementara kota-kota kecil hanya dapat mengoperasikan penerbangan domestik. Apa pun itu, Anda dapat dengan mudah menjelajahi sebagian besar banyak pulau dan kota di Indonesia dengan pesawat.
Kiat lokal: Garuda Indonesia umumnya maskapai yang paling tepercaya dan mapan di negara ini, tetapi untuk terbang dengan tarif lebih rendah cobalah Citilink atau Air Asia yang paling andal.
Bis
Sebagian besar kota di Indonesia memiliki operator bus antar kota yang menggunakan bus perjalanan pendek dan jarak jauh setiap hari. Jika Anda ingin meluangkan waktu berkeliling kota dan pulau-pulau di Indonesia, bepergian dengan bus mungkin lebih hemat biaya tergantung pada tujuan. Perjalanan bisa panjang dan membosankan tergantung pada rencana perjalanan Anda dan jarak tujuan Anda, tetapi Anda dapat menikmati pemandangan indah alam dan kota-kota di sepanjang jalan.
Kiat lokal: Mungkin ada lebih dari satu operator bus yang menjalankan rute serupa, dan biasanya mereka datang dengan kualitas dan harga yang berbeda. Pastikan untuk memahami opsi Anda sebelum memilih satu.
Melatih
Indonesia menjalankan layanan kereta api yang cukup andal yang melintasi Jawa dan Sumatra. Anda dapat mengandalkan jalur kereta untuk melakukan perjalanan singkat seperti Jakarta-Bandung dan jarak yang lebih jauh seperti Jakarta-Yogyakarta. Ada beberapa pilihan untuk kelas perjalanan, dari kelas ekonomi ke kelas eksekutif. Jika Anda tidak keberatan membayar lebih, kelas eksekutif menawarkan perjalanan yang jauh lebih nyaman terutama untuk jarak yang lebih jauh, meskipun bahkan kelas ekonomi sekarang ber-AC, hanya dengan sedikit ruang pribadi untuk duduk.
Kiat lokal: Selalu terbaik untuk memesan tiket Anda secara online terlebih dahulu karena kursi dapat terjual cukup cepat sebelum tanggal perjalanan, terutama selama liburan, di mana orang-orang bergerak dan operator kereta sering menawarkan berbagai program promosi.
Feri dan kapal
Menjadi kepulauan terbesar di planet ini, perjalanan laut adalah kebutuhan nyata saat bepergian atau tinggal di Indonesia. Orang-orang berpindah dari satu pulau ke pulau lain, besar atau kecil, dengan bantuan operator kapal. Operator feri yang dikelola pemerintah cukup dapat diandalkan, meskipun sayangnya banyak perusahaan masih menggunakan kapal tua dan suram.
Kiat lokal: Jangan mengandalkan makanan dan layanan di feri. Jika Anda memulai perjalanan yang lebih panjang, Anda mungkin ingin membawa makanan atau makanan ringan sendiri, karena sudut makanan kecil di sebagian besar feri mungkin tidak menyajikan makanan yang layak atau membuat Anda terlalu mahal untuk makan biasa-biasa saja.
Bus minivan
Minivan bus atau angkot dijalankan melalui sebagian besar kota-kota di Indonesia, besar atau kecil. Ini adalah minivan tanpa AC yang dirancang untuk memuat hingga 12 orang per kendaraan. Dan meskipun ini mungkin bukan cara yang paling nyaman untuk bepergian ke kota, tarifnya murah dan Anda dapat dengan mudah memanggil atau memberi tahu pengemudi untuk berhenti di mana pun Anda inginkan dalam rute, karena tidak ada halte yang ditunjuk untuk transportasi ini. Hanya berteriak ‘kiri’ (kee-ree) atau hanya mengatakan ‘berhenti’ di mana saja dan pengemudi akan menurunkan Anda.
Kiat lokal: Pengemudi mungkin menunggu seluruh mobil diisi, dan ini bisa memakan waktu cukup lama. Jika Anda benci menunggu, naiklah ke mobil yang sudah diisi alih-alih yang kosong.
Aplikasi perjalanan
Layanan naik-naik secara online hanya bisa membuat Anda sejauh ini tetapi masih salah satu cara paling mudah untuk pergi ke berbagai tempat, terutama ketika Anda tidak tahu jalan keluar. Go-Jek, aplikasi naik-menelepon lokal, dan Grab, yang telah mengakuisisi operasi Uber di seluruh Asia Tenggara, adalah dua aplikasi perjalanan yang paling dapat digunakan dan dapat diandalkan untuk digunakan saat bepergian di Indonesia.
Kiat lokal: Jika Anda terburu-buru dan tidak keberatan dengan panasnya cuaca tropis, atau jika Anda ingin merasakan pengalaman lokal yang baru, cobalah naik ojek, juga tersedia melalui aplikasi perjalanan yang disebutkan tadi. Opsi ini sering lebih populer di kalangan penduduk setempat karena membuat Anda berkeliling lebih cepat, terutama melalui lalu lintas yang sibuk, dan itu pasti lebih murah.

Tinggalkan Balasan